Turun Ke Jalan Aremania Bawa Keranda Dan Lantunkan Kalimat Tauhid

Aremania demonstrasi di Bundaran Tugu
Sumber :
  • Viva Malang

MalangAremania melakukan longmarch dari Alun-alun Merdeka menuju Bundaran Tugu atau depan Balai Kota Malang, pada Kamis, 27 Oktober 2022. Mereka kembali turun ke jalan menuntut keadilan bagi seluruh korban Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Sepanjang perjalanan dari Alun-alun Merdeka menuju Bundaran Tugu Aremania terus melantunkan kalimat tauhid. Sembari menggotong replika jenazah berkafan dan keranda mayat dengan tulisan 135 merujuk pada jumlah korban meninggal dunia. Mereka juga membawa keranda mayat hingga payung hitam bertuliskan usut tuntas sebagai simbol duka cita.

Setelah itu, salah satu perwakilan Aremania yakni, Helmy Saudi Umar membacakan 9 tuntutan Aremania dengan diikuti oleh ribuan Aremania yang turun ke jalan. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Pertama menuntut aparat Kepolisian serta hukum yang lain terkait 6 tersangka yang sudah ditetapkan sebagai tahanan dilakukan proses hukum seadil-adilnya. Mereka menuntut penambahan pasal 338 KUHP bahkan 340 KUHP dari yang sebelumnya disangkakan oleh penyidik pasal 359 KUHP.

Tuntutan kedua Aremania meminta pengurus PSSI mulai dari Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan hingga seluruh anggota komite eksekutif (exco) untuk mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas Tragedi Kanjuruhan. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Menuntut pertanggung jawaban moral seluruh jajaran PSSI(mundur dari jabatan saat ini). PSSI harus merevisi regulasi keselamatan dan keamanan penyelanggaran Liga di Indonesia sesuai dengan statuta FIFA. Dan juga merevolusi menyeluruh terhadap sepak bola nasional," ujar Helmy. 

Selain itu, mereka juga meminta pihak broadcaster Liga 1 untuk mengganti jam pertandingan di malam hari, terutama saat laga riskan.

Halaman Selanjutnya
img_title