Presiden FIFA Akan Temui Jokowi Bahas Tata Kelola Sepak Bola Indonesia

Menpora Zainuddin Amali
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menginginkan perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia. Bahkan Presiden FIFA Gianni Infantino akan datang ke Indonesia bertemu Presiden Joko Widodo membahas hal itu. 

Erick Thohir Ungkap 'Preman' Indonesia U23 Siap Tempur di Piala Asia U23 2024

"Perwakilan FIFA sekarang sebenarnya sudah di Indonesia tapi untuk urusan FIFA U-20 tahun 2023 nanti. Tanggal 18 Oktober rencananya akan datang ke sini Presiden FIFA bertemu Presiden Jokowi," kata Amali di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis, 13 Oktober 2022. 

Amali mengatakan, harus ada kesepakatan bersama antara seluruh stake holder agar tragedi Kanjuruhan tidak kembali terulang. Suporter akan dilibatkan secara aktif untuk merumuskan sejumlah aturan demi mewujudkan evalusasi total sepak bola tanah air. 

Walah Ada Tumpukan Sampah di Kota Batu yang Sengaja Dikubur

"Kami sudah bertemu dengan PSSI, Klub, suporter termasuk, Aremania, Jakmania, Viking dan Bonek. Semua sepakat tragedi ini tidak boleh terulang lagi. Jadi kami rumuskan khususnya peraturan-peraturan sesuai Undang-undang," ujar Amali. 

Dalam undang-undang keolahragaan yang baru nantinya akan di atur bagaimana suporter dipastikan mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam menonton sepak bola. Suporter tetap dipersilahkan memberikan dukungan tetapi ada sejumlah batasan. 

Momen Lebaran, Incumbent Panasi Mesin Pemenangan Pilkada 2024 di Jombang

"Suporter di dalam Undang-undang Keolahragaan yang baru itu ada hak dan kewajibannya. Ini sedang dirumuskan dan akan segera kami sosialisasikan. Kami akan meminta komitmen mereka semua bagaimana menonton sepakbola yang nyaman, aman, tenang dan sebagainya," tutur Amali. 

Kemudian proses pengamanan oleh polisi. Dia meminta Polri untuk mengadopsi aturan FIFA dalam proses pengamanan sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur pengamanan massa.

Halaman Selanjutnya
img_title