Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan, jokowi Minta Liga 1 Dihentikan

Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan, jokowi Minta Liga 1 Dihentikan
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Pasca tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk menghentikan Liga 1 sampai ada perbaikan dalam sisi keamanan pertandingan sepak bola. Selain itu, ia juga meminta Kapolri, jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut penyebab kejadian yang menewaskan banyak korban jiwa ini.

Terminal Arjosari Malang Catatkan Peningkatan Penumpang 14 Persen

"Khusus kepada Kapolri, Saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Untuk itu saya juga memerintahkan PSSI Untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi 

Jokowi juga meminta kepada pihak terkait dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan juga Gubernur Jawa Timur, untuk memantau kondisi para korban yang saat ini masih dalam perawatan. 

Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan Malang Jawa Timur. Saya telah meminta menteri kesehatan dan Gubernur Jawa Timur, untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers Minggu, 2 Oktober 2022.

Menurut Jokowi, evaluasi menyeluruh perlu dilakukan untuk mencegah hal tersebut terulang di kemudian hari. Ia meminta agar sportivitas, rasa kemanusiaan dan rasa persaudaraan sesama bangsa Indonesia harus terus dijaga bersama. 

3 Tempat yang Disidak Mamin Pj Bupati, Ternyata Sudah Dihubungi Dinas Ketahanan Pangan Jombang

"Dan juga telah memerintahkan kepada Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 berakhir dengan tragedi. Suporter tuan rumah menerobos masuk ke dalam lapangan begitu pertandingan usai. Mereka melampiaskan kekesalan karena tim jagoan kalah 2-3 dari Persebaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title