Layanan Air Permukaan Tugu Tirta Bakal Beroperasi Sebelum 2024

Dirut Tugu Tirta Nor Muhlas
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Perumda Air Minum Tugu Tirta bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1 untuk program Water Treatment Plant (WTP) di tahun 2023. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dilakukan pada 6 Januari 2023 lalu.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan mereka sedang melakukan percepatan mulai desain rancang bangun, jadwal lelang, penyiapan lahan hingga tahapan sosialisasi. Menurutnya, kebutuhan air minum mutlak kebutuhan dasar dan kepentingan bersama yang harus dioptimalkan dengan langkah-langkah percepatan.

"Dengan timeline pengerjaan mulai Mei hingga November 2023, paling tidak layanan WTP sudah bisa berjalan sebelum tutup tahun," kata Sutiaji. 

Sutiaji mengatakan, pada tahap awal, program WTP akan memanfaatkan air permukaan dari Sungai Bango dengan kapasitas 200 liter per detik (lps). Lokasinya berada di wilayah Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing.

"Sungai Bango dipilih karena kualitas air bakunya dianggap lebih baik, karena alirannya limpahan dari Sumber Wendit. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ke depan bukan hanya memanfaatkan Sungai Bango, karena bisa juga Sungai Metro," ujar Sutiaji. 

Sementara itu, Dirut Perumda Tugu Tirta Nor Muhlas mengatakan, proses penjernihan menggunakan metode filtrasi sesuai standar aturan SK Permenkes No. 492 Tahun 2010 tentang kualitas standar air minum. Mereka ingin menjamin seluruh pelanggan mendapat air yang aman dikonsumsi sekalipun diambil dari air permukaan.

"Masuknya 200 lps ke sistem layanan Perumda Tugu Tirta, ditargetkan membuat layanan ke pelanggan bisa lebih stabil di tahun 2023," tutur Nor Muhlas, Rabu, 15 Februari 2023.