Plengsengan Timpa Pekerja di Kota Batu, 1 Korban Dilaporkan Meninggal Dunia

Evakuasi korban kecelakaan kerja di Kota Batu
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Peristiwa nahas terjadi di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Kamis, 3 Oktober 2024. Diketahui, dalam kejadian tersebut ada 3 orang menjadi korban dan 1 dilaporkan meninggal dunia.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Rudi Kiswoyo membenarkan informasi tersebut. Menurutnya kejadian tersebut terjadi pada sore hari.

"Ya benar, ada laka kerja. Peristiwa terjadi dikawasan Dusun Krajan RT 01 RW 04 Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji. Korban tertimpa tembok plengsengan dengan ukuran panjang 24 meter tinggi 2,5 meter dan ketebalan 30 centimeter," katanya.

Untuk korban diketahui bernama Ardiansyah Dhanu Wardana 24 tahun warga Kota Batu (meninggal dunia), sedangkan korban luka berat yakni Edi Setiawan 42 tahun warga Kabupaten Malang dan Endang Saputra 43 tahun warga Kabupaten Malang mengalami luka-luka.

"Peristiwa terjadi saat ketiga korban tengah beristirahat untuk makan setelah bekerja sebagai tukang bangunan membuat kolom-kolom untuk rangka baja. Tapi tiba-tiba plengsengan tempat korban beristirahat tersebut roboh dan selanjutnya menimpa korban," ujarnya.

Sehingga kecelakaan tersebut pun tak terhindarkan dan membuat masyarakat sekitar mencoba memberikan pertolongan pertama.

"Diketahui bahwa bangunan plengsengan tersebut sudah ada sekitar 25 tahun yang lalu dan dibangun oleh pemilik rumah yang lama dengan ukuran panjang 24 meter tinggi 2,5 meter ketebalan 30 cm. Ketika korban berhasil dievakuasi kemudian mereka dibawa ke RS Karsa Husada,"  tuturnya.