Longsor Timpa Belasan Rumah di Sukun Kota Malang

Salah satu rumah terdampak longsor di Sukun Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Peristiwa tanah longsor terjadi di Jalan Gempol Marga Bakti 2, RT 6 RW 10, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun Kota Malang sekitar pukul 07.30 WIB Sabtu, 29 April 2023. Longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi sejak Jumat, 28 April 2023 siang hingga malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno mengatakan, bahwa penyebab longsor adalah curah hujan tinggi. Setidaknya ada 13 rumah di daerah ini yang rusak akibat longsor. 

"Tim BPBD Kota Malang saat ini sedang turun ke lokasi untuk melakukan assessment dan berkoordinasi pada pihak terkait untuk penanganan,” kata Prayitno.

Proses evakuasi dilakukan oleh Tim BPBD Kota Malang bersama PMI, Damkar dan sejumlah relawan. Hingga Sabtu petang proses evakuasi masih berlangsung. Demi keamanan warga yang terdampak diminta untuk mengosongkan rumah. 

Sementara itu, Lurah Tanjungrejo, Abdul Aziz mengungkapkan bahwa warga yang terdampak di evakuasi ke Gereja Karmel yang berada di dekat lokasi. 

“Sementara ini evakuasi masih di wilayah kami sendiri, sambil menunggu kebijakan dari pihak terkait. Karena kami bersinggungan langsung dengan pimpinan jemaat yang ada di sini, jadi untuk sementara ini di gereja. Kebetulan masih ada tempat dan juga halamannya luas,” ujar Aziz. 

Aziz memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk warga yang sakit dievakuasi ke layanan kesehatan terdekat.