Diduga Money Politic Ajak Pilih 03 dan Caleg PDI, Seorang Warga di Kota Batu Diamankan

Money politic di Kota Batu.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Batu, VIVA - Seorang warga berinisial Y, warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu diamankan oleh Gakkumdu Kota Batu karena diduga melakukan praktek money politic.

Diamankannya seorang warga Kelurahan Sisir berinisial Y tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kuswoyo. Ia mengatakan Y diamankan pada Selasa, 13 Februari 2024. 

Berdasarkan laporan, Y diamankan saat membagikan uang untuk mengarahkan pilihan pada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Selain itu, Y juga mengarahkan agar mencoblos caleg DPRD Dapil 2 Kota Batu dari Partai PDIP dengan nomor urut 2, Cahyo Edi Purnomo.

AKP Rudi mengatakan, informasi adanya money politic itu berawal dari laporan warga yang mengetahui jika ada seorang laki-laki membagikan uang dan stiker kepada warga. 

Mendapat laporan itu, kata AKP Rudi, pihak Bawaslu Kota Batu kemudian melaksanakan pengecekan lapangan dan menemukan 2 orang saksi telah menerima uang. 

"2 orang saksi ini menerima uang sebesar Rp500.000 dari Y dan stiker pasangan capres dan cawapres, caleg DPRD dari partai PDIP," katanya, Rabu 14 Februari 2024.