DPRD Pasuruan Segera Usulkan Nama Calon Pj Bupati

Ketua DPRD Kab. Pasuruan Sudiono Fauzan
Sumber :
  • VIVA Malang (Hari Mujiyanto/Pasuruan)

Pasuruan, VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan tengah bersiap mengusulkan nama-nama calon Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan.

Ratusan Lapak PKL Hangus, Polisi Panggil Kepala Pasar

Hal ini menyusul berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan pada 24 September mendatang.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima surat permintaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait hal itu. Batas waktu pengiriman usulan tersebut adalah tanggal 12 Agustus 2024.

Pasar Pasrepan Pasuruan Kembali Dilalap Si Jago Merah

"Kami akan meminta fraksi-fraksi untuk segera mengumpulkan nama-nama calon Pj Bupati Pasuruan. Sama seperti tahun sebelumnya, kami akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengusulkan nama-nama yang mereka inginkan," ujar Sudiono, Senin 5 Agustus 2024.

Sudiono menambahkan bahwa syarat utama untuk menjadi calon Pj Bupati adalah memiliki jabatan tinggi pratama atau kepala dinas. Nantinya, dari sejumlah nama yang diusulkan, masing-masing fraksi akan memilih satu nama untuk diajukan kepada DPRD.

90 Persen Anggota DPRD Kota Batu Gadaikan SK

"Kami akan memberikan waktu empat hari kepada fraksi untuk mengirimkan nama-nama calon. Setelah itu, pimpinan DPRD akan memiliki waktu hingga Senin mendatang untuk merumuskan nama-nama yang akan diusulkan kepada Mendagri," tuturnya.

Dengan demikian, proses pemilihan Pj Bupati Pasuruan akan segera memasuki tahap akhir. Masyarakat pun diharapkan dapat ikut berpartisipasi dengan memberikan masukan nama-nama calon yang dianggap layak untuk memimpin Kabupaten Pasuruan.