Besok, 3 TPS di Kota Malang Bakal Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, Aminah Asminingtyas
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – 3 TPS di Kota Malang akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang pada Sabtu, 24 Februari 2024. 3 TPS itu semua berada di wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Masing-masing, TPS 14 dan 37 di Kelurahan Mojolangu dan TPS 48 di Kelurahan Jatimulyo.

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengatakan, rekomedasi dari Bawaslu perlu dilakukan PSU karena ada pemilih yang tidak terdaftar atau pemilih penyusup. Coblosan ulang untuk pemilihan presiden (Pilpres) saja. 

Aminah menyebut, laporan yang masuk ke KPU Kota Malang, jumlah pencoblosan yang tidak terdaftar lebih dari 20 orang per TPS. Jumlahnya secara keseluruhan ada 84 orang. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Misal di TPS Mojolangu itu justru 33 orang. Itu dimasukkan dalam daftar hadir DPK. Nah disitu yang murni DPK itu hanya 9 orang. Karena panitia TPS tak paham regulasi," kata Aminah. 

Sebagai contoh, panitia yang berada di lokasi cukup kebingungan saat menghadapi tekanan dari para pemilih agar hak pilih mereka diakomodir.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Karena memang kelemahan dari PPS tidak mampu menolak. Kemudian takut menghilangkan surat suara, sehingga ada anomali di situ," ujar Aminah. 

Aminah memastikan PSU yang digelar pada Sabtu besok segala sarana dan prasarana untuk PSU sudah beres. PSU juga dilaksanakan sesuai aturan 10 hari pasca rekomendasi PSU diterima. 

Halaman Selanjutnya
img_title