Hasil Survei Berbagai Lembaga Turun, Ganjar Klaim Survei Internal Masih Baik

Ganjar Pranowo capres nomor urut 3.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Calon Presiden Ganjar Pranowo merespon hasil survei elektabilitas dan popularitas capres-cawapres oleh sejumlah lembaga survei pada akhir-akhir ini. Dimana survei menunjukkan penurunan elektabilitas pada pasangan calon (paslon) nomor urut 03. 

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Namun Ganjar mengklaim survei internal yang dilakukan oleh lembaga survei yang tak dirilis ke publik, masih menunjukkan peningkatan yang baik. Bahkan pasca debat capres-cawapres ke 3 kemarin elektabilitas Ganjar - Mahfud diklaim baik. 

"Ya, survei (internal) saya naik, bahkan sistem yang kita gunakan menggunakan trianggulasi, dari trianggulasinya kita masih kejar-kejaran antara dua kandidat, dan terpautnya kita hanya tiga persen. Kadang-kadang kita berada tiga di atas, kadang kita ada tiga di bawah," kata Ganjar, saat berada di kompleks pemakaman Ponpes Tebuireng Jombang, Jumat 12 Januari 2024, kemarin. 

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

Soal hasil survei yang menempatkan posisi Ganjar-Mahfud terbawah atau bahkan turun dia menganggap hasil survei itu dijadikan referensi oleh timnya. 

"Jadi survei-survei yang lain itu juga kita dengarkan, kita jadikan referensi. Karena ada suatu ketika survei datang pada waktu hari yang sama, sampelnya diambil juga sama, rilisnya berbeda beberapa hari, hasilnya juga berbeda diantara mereka," ujar Ganjar. 

Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

Perbedaan hasil survei dijadikan referensi untuk melakukan cross cek kondisi di lapangan. Karena mungkin dibeberapa tempat suara Ganjar-Mahfud masih lemah, dan perlu ditingkatkan.

"Tapi buat kami, ok gak apa-apa, jangan-jangan memang betul di beberapa tempat itu, buat kami menjadi catatan untuk, dijadikan perhatian. Y seumpama kayak, Jawa Tengah, Jawa Timur, lalu Jogja, Jabar dan daerah-daerah yang gemuk gitu ya, menjadi perhatian kita. Ya gak apa-apa semua survei memang kita jadikan pelajaran buat kita, dan kita sikapi dengan, bijak," tutur Ganjar. 

Halaman Selanjutnya
img_title