Soal Sikap Politik, Ini Tanggapan Gus Kikin Usai Gantikan KH Marzuqi Mustamar

Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Jawa Timur kini dipimpin oleh Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin. Dia menggantikan Kiai Haji Marzuqi Mustamar yang diberhentikan oleh Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU). 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Gus Kikin usai resmi menjabat sebagai ketua PWNU Jatim menegaskan bahwa secara pribadi dia tidak pernah menyatakan sikap dukungan pada salah satu pasangan calon (Paslon) di Pilpres 2024 nanti. Hal ini akan dia bawa termasuk saat menjadi ketua PWNU Jatim. 

"Nah saya kan tidak pernah ngomong (soal dukungan Pilpres). Kalau di Tebuireng (Ponpes) ada pertemuan saya kan hanya sebatas tuan rumah. Dan semuanya yang datang ke sini, saya menyatakan bahwa saya harus menghormati semua tamu, ada yang datang kita hormati," kata Gus Kikin. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

"Karena kalau bagi saya NU itu, adalah rumah untuk membangun sebuah bangsa, sedangkan politik itu kan (sebagai) warga negara, berbeda dengan NU yang merupakan warga bangsa. Jadi itu kita punya rumah, kalau kita capek di luar, kita kembali ke rumah sebagai warga bangsa," tambah Gus Kikin.

Gus Kikin adalah cicit pendiri NU Hadratussyaikh Kiai Haji Hasyim Asyari. Dia juga menjadi pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Gus Kikin memiliki sederet pengalaman yang panjang di Nahdatul Ulama. Dia sebelumnya pernah menjadi pengurus PWNU Jatim dan juga aktif di kepengurusan PBNU sebelum akhirnya menjabat Ketua PWNU Jatim. 

Gus Kikin mengatakan, bahwa NU merupakan wadah untuk memikirkan umat. Jika pun harus mengikuti perpolitikan, maka NU harus dijadikan wadah menjalin kebersamaan, serta ukhuwah islamiah.

Halaman Selanjutnya
img_title