KPU Kota Batu Gandeng Media Massa Begini Tujuannya

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim saat berikan pemaparan
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – KPU Kota Batu gandeng media massa untuk menyajikan informasi dalam Pemilu 2024. Produk berita yang dihasilkan sangat penting bagi para pemilih, baik itu wawasan yang disampaikan, isu-isu politik, dan tahapannya.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto dalam sambutannya melalui kegiatan Gathering 'Peran Insan Pers Dalam Mensukseskan Pemilu 2024' menjelaskan media massa merupakan corong utama bagaimana masyarakat luas menerima informasi tahapan pemilu.

"Keberadaan para jurnalis sangat penting dalam menyajikan dan menyebarkan produk berita yang dihasilkan. Semoga nanti produk berita yang dihasilkan bisa memberikan produk berita yang seimbang dan objektif guna mendukung pemilih dalam membuat keputusannya," kata Heru pada Minggu, 24 Desember 2023.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Untuk memberikan pemahaman, KPU Kota Batu tidak mampu untuk bekerja sendirian dalam menyebarkan informasi, atau menyosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu 2024, jadi peran pers sangat vital bagi KPU Kota Batu. Selain itu insan jurnalis juga dapat memberi masukan kepada pihaknya apabila ada hal-hal yang perlu disampaikan. 

"Kami senang sekali bersinergi bersama dengan pers yang ada di Kota Batu, teman-teman tidak hanya memberitakan tetapi juga memberi masukan kepada kami, tatkala ada kekurangan, yang jelas dalam pelaksanaan ini tanpa dibantu pers tidak akan bisa baik," tuturnya.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfil Hakim menjelaskan kepada para wartawan, bahwa memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat sudah menjadi kewajiban meskipun ada atau tidak ada Pemilu. Kemudian menyampaikan kritik atau koreksi yang bertujuan demi kebenaran berdasarkan kepentingan masyarakat umum.

"Pers memberikan edukasi kepada publik, juga membenarkan kalau ada yang keliru. KPU hanya penyelenggara teknis, KPU tidak bisa bekerja sendirian," kata Lutfil. 

Halaman Selanjutnya
img_title