Jelang Sehari Ditutup, KPPS Kota Batu untuk Pemilu 2024 Masih Kurang 1.233 Pendaftar

Komisioner KPU Kota Batu, Marlina.
Sumber :
  • Istimewa

Batu, VIVA – Jelang sehari ditutup pada 20 Desember 2023, pendaftar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 tercatat masih 3044 pendaftar dari total kuota 4.277. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM, Marlina membenarkan hal tersebut. Total masih ada kekurangan 1.233 KPPS sebelum pendaftaran.

"Ya masih kurang, kekurangan tersebut harus segera diisi pada siswa waktu atau berakhir di 20 Desember 2023. Mereka nanti akan ditempatkan di 611 TPS yang ada. Setiap TPS ada 7 petugas KPPS," katanya, Selasa, 19 Desember 2023.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Harapannya besok kebutuhan KPPS bisa tercukupi, setidaknya harus melebihi kebutuhan atau kuota karena untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada anggota KPPS yang ditetapkan kemudian mengundurkan diri karena berbagai alasan.

"Nanti kami akan rekrut melebihi kuota. Ini untuk antisipasi jika anggota KPPS yang sudah dilantik mengundurkan diri. Maka ada urutan selanjutnya untuk mengganti. Disiapkan tiga calon pergantian antar waktu (PAW)," ujarnya.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Namun ketika hingga hari terakhir pendaftaran KPPS masih belum memenuhi kuota. Maka secara tidak langsung akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Jika hingga hari terakhir pendaftaran belum terpenuhi. Sesuai keputusan KPU RI maka langkah selanjutnya PPS melakukan penunjukkan. Bila tidak terpenuhi juga, langkah ke 3 kerjasama dengan lembaga pendidikan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title