Ratusan Kiai Kampung di Jombang-Mojokerto Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Para kiai kampung di Jombang deklarasi Ganjar-Mahfud
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Ratusan kiai kampung yang ada di Kabupaten Jombang dan Mojokerto, Jawa Timur, mendeklarasikan dukungan untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Deklarasi ini dilakukan di rumah makan Zam-zam yang ada di Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Sabtu, 4 November 2023. 

2 Pasangan Calon Independen Cawalkot dan Cawawalkot Daftar ke KPU Kota Malang

Setidaknya, 150 orang kiai ini menamakan dirinya Sinergi Nahdliyyin Bersama Ganjar-Mahfud alias Sinar Gama. Tampak terlihat beberapa kiai pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Jombang juga terlihat hadir. Seperti Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Kiai Haji Abdul Wahab Yahya dan Pengasuh Ponpes Hamalatul Qur'an Kiai Haji Ainul Yaqin.

Dukungan terhadap Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024 itu disampaikan langsung ke Bacawapres Mahfud MD melalui sambungan video call di hadapan ratusan kiai kampung.

Miniatur Data Center Jagoan Hosting Dapat Apresiasi dari NUEST Filipina

Selajutnya, mereka membacakan naskah deklarasi dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integeritas dari masing-masing kiai kampung yang hadir sebagai bukti dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud.

"Kita memohon Pak Ganjar untuk komitmen dengan rakyat. Itu sesuai yang tidak masuk akan kalau kita tidak memberikan komitmen kita mengawal Pak Ganjar. Jadi pakta integritas ini adalah komitmen kita bahwa kita tidak meninggalkan Pak Ganjar. Jadi ini bentuk pengawalan," ujar Pembina Sinar Gama Jatim, Tanto Wibisono, Sabtu, 4 November 2023.

Polisi Sita Ratusan Miras Ilegal di Rumah Pemuda Ngoro Jombang

Wibisono mengatakan, saat ini Sinar Gama baru terbentuk di Jombang, Mojokerto dan Malang Raya. Namun, deklarasi dukungan kepada Ganjar-Mahfud baru pertama kali digelar di Jombang. Wibisono berharap Sinar Gama bisa membantuk mendongkrak suara Ganjar-Mahfud hingga 70 persen di Jatim untuk memenangi Pilpres satu putaran.

"Deklarasi pertama ini di Jombang, karena yang paling siap. Nantinya sebagai contoh bagi daerah-daerah lain. Kalau kita sih targetnya di Jatim 70 persen," ujar Wibisono. 

Halaman Selanjutnya
img_title