Rancangan DCT, 5 Parpol di Jombang Lakukan Bongkar Pasang Bacaleg

Kantor KPU Kabupaten Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Usai dilakukan masa perbaikan daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (bacaleg) menjadi rancangan daftar calon tetap (DCT), sejumlah partai politik (parpol) melakukan bongkar pasang bacalegnya.

Bikin Onar, Gengster Bersenjata Tajam di Pasuruan Dihajar Warga

Komisioner KPU Jombang Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, As’ad Choiruddin, menjelaskan bahwa saat ini tahapan yang dilakukan KPU adalah melakukan verifikasi administrasi data DCT yang diserahkan parpol pada KPU.

"Sekarang tanggal 11 Oktober 2023, kita melakukan verifikasi (administrasi) terhadap data, pencermatan DCT yang diserahkan peserta pemilu," kata As'ad, Rabu 11 Oktober 2023.

Taman Kota Jadi Sorotan Usai DPRD Kota Malang Sahkan Perda Kota Layak Anak

Ia mengaku data DCT yang diserahkan peserta pemilu tersebut, terakhir diserahkan pada tanggal 6 Oktober 2023, kemarin.

"Jadi DCT yang diserahkan pada tanggal 6 Oktober kemarin, kita lakukan verifikasi administrasi," ujarnya.

Polisi Lakukan Operasi di Flyover Peterongan, 3 Pengedar Narkoba Diringkus

Dari hasil pencermatan rancangan DCT itu, sambung As'ad, ada beberapa parpol yang melakukan pergantian bacalegnya, dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang dimiliki masing-masing parpol.

"Ada beberapa partai yang melakukan penggantian, melakukan pindah dapil (daerah pemilihan) terhadap data calonnya, dan itu diberi kesempatan pada waktu pencermatan DCT yang berakhir tanggal 6 Oktober kemarin," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title