Bersepeda Keliling Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Ingin Angka Stunting Turun

Wali Kota Malang, Sutiaji dan warga
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang, VIVA Wali Kota Malang Sutiaji memberikan sejumlah bantuan kepada warga disabilitas, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), lansia dan balita bergejala stunting. 

DPRD Kritik Kebijakan Pemkot Batu yang Berpihak ke Jukir Dibanding Masyarakat

Bantuan diberikan saat bersepeda dengan Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji ke Kelurahan Gadingkasri dan Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen pada Jumat, 16 Juni 2023 kemarin. 

Sutiaji pun mengapresiasi upaya unik Posyandu Anggrek di Kelurahan Gadingkasri dalam mencegah dan menurunkan angka stunting. Posyandu Anggrek sukses menurunkan angka stunting di wilayahnya dari yang semula 40 anak stunting kini turun menjadi 16 anak dalam jangka waktu 2 bulan saja. 

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Salah satu kunci keberhasilan tersebut adalah pemberian jamu herbal penambah nafsu makan balita, yang tentunya juga diimbangi dengan asupan gizi seimbang, yaitu paket nasi tim beserta sayur dan lauknya.

Upaya ini merupakan inovasi Gerus Stunting (Gerakan Seribu Rupiah untuk Stunting) yang disinergikan dengan Rumah Pelita (Rumah Pemulihan Gizi Balita). Gerus stunting adalah gerakah sedekah uang seribu rupiah perhari dari semua anggota TP PKK Kelurahan Gadingkasri. 

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Hasil dari gerakan ini untuk membantu balita stunting. Sementara Rumah Pelita merupakan program swadaya dari masyarakat dengan memanfaatkan hasil pekarangan yang ada. Lalu kader posyandu akan memasaknya menjadi makanan tambahan bergizi seimbang untuk balita.

"Banyak kita temui di kelurahan lain, dia (balita) tidak mau sayuran, tidak mau ikan. Solusinya mungkin bisa dibuat olahan kombinasinya. Dan bisa dengan dirangsang jamu, akhirnya dia mau, nafsu makannya bertambah. Jadi inovasi-inovasi di kelurahan mana yang bisa direplikasi dan digabung itu kita terapkan," ujar Sutiaji, Sabtu, 17 Juni 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title