Apel Perdana 2023, Pemkot Malang Klaim 99 Persen ASN Masuk Kerja

Apel perdana Pemkot Malang di 2023
Sumber :
  • Instagram Pemkot Malang

Malang – Libur akhir tahun yang bebarengan dengan libur natal dan tahun baru telah usai. Banyak instansi yang kembali memulai rutinitas mereka dengan bekerja di awal tahun baru 2023 ini. 

Lippo Plaza Batu Hadirkan Wahana Bowling Pertama di Malang Raya

Salah satunya adalah lingkungan Pemerintah Kota Malang. Para Aparatur Sipil Negara alias ASN di tempat ini kembali bekerja usai libur akhir tahun. Setidaknya dari 7.401 ASN, 99 persen dari mereka tertib kembali berdinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

Kepala BKPSDM Kota Malang, Totok Kasianto mengatakan, data ini memang belum pasti sebabk data keterlambatan ASN pada hari pertama kerja pada tahun 2023 hanya bisa diketahui oleh masing-masing OPD. Laporan resmi yang masuk mereka sifatnya bulanan. Dia mengaku hanya sekitar 20 orang saja yang absen karen cuti di hari pertama kerja 2023 ini. 

Polda Jatim Benarkan Ada Laporan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Dapil V Malang Raya

"Jadi absensi kita itu menggunakan finger print setiap bulannya dilaporkan ke BKPSDM rekapnya. Jadi tidak bisa terlihat saat ini, yang tahu keterlambatan masuk itu adminnya di masing-masing OPD. Tetapi berdasarkan pengamatan di lapangan 99 persen masuk semua, sekitar 20 ASN yang memang sudah mengajukan cuti melahirkan sebelum libur akhir tahun, dan ada yang sakit," kata Totok, Senin, 2 Januari 2022. 

Meski begitu Totok memastikan BKPSDM dan Inspektorat Pemkot Malang tetap akan melakukan pengawasan pada ASN bandel. Jika ditemukan ada ASN yang ketahuan seperti sengaja membolos Pemkot Malang langsung memberikan sanksi sesuai aturan berlaku. 

PJT I dan PLN NP Tanam 10 Ribu Bibit Pohon di Titik Nol Sungai Brantas

"Kalau itu ada pembinaan disiplin bersama Inspektorat, tergantung tingkatannya, mulai teguran lisan, teguran tertulis untuk yang ringan, sedang. Kalau hanya terlambat masuk tentu nanti kepala OPD diberitahu," ujar Totok.