Khofifah Masuk Radar Koalisi Perubahan Jadi Cawapres Anies Baswedan

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • Viva.co.id

Malang – Koalisi Perubahan yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem dan Partai Demokrat belum menentukan figur yang tepat sebagai calon wakil presiden untuk dipasangkan dengan Anies Baswedan di Pemilu 2024. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa memang ada sejumlah figur yang telah diwacanakan untuk disandingkan dengan Anies Baswedan, katanya dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022 lalu. 

PKS bahkan mengusulkan lima nama kadernya, sesuai mandat Musyawarah Nasional V PKS pada 2020, untuk diduetkan dengan Anies. Namun sejauh ini belum diputuskan karena masih menunggu hasil kajian tim khusus dan hasil survei tentang elektabilitas figur-figur tersebut.

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

Syaikhu bahkan membenarkan ketika ditanya tentang rumor bahwa Koalisi Perubahan mengincar Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Umum Muslimat NU. "Ya, salah satunya," katanya.

Nama Khofifah, menurutnya, memang belum disurvei dengan simulasi jika dipasangkan dengan Anies Baswedan. Tetapi, dia mengakui, Khofifah sangat dipertimbangkan. Terutama sosoknya dari Jawa Timur dan tokoh perempuan. Saat ini sedang dikaji oleh tim khusus. Pada saatnya nanti diputuskan kemudian diumumkan ke publik.

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Berdasarkan mandat khusus dari Musyawarah Nasional V PKS pada 2020, Syaikhu sebagai Presiden PKS, ditugasi dua hal, yakni target perolehan suara nasional pada pemilu tahun 2024 sebesar 15 persen dan mendorong kader partai itu menjadi pimpinan nasional.

Diusulkanlah lima kader PKS, antara lain Ahmad Heryawan (mantan gubernur Jawa Tengah, sekarang Wakil Ketua Majelis Syura PKS), Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS), Irwan Prayitno (mantan gubernur Sumatera Barat), Mohamad Sohibul Iman (mantan wakil ketua DPR, sekarang Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman), dan Ahmad Syaikhu (Presiden PKS).

Halaman Selanjutnya
img_title