Selecta jadi Tempat Wisata Pertama Terapkan Zero Waste di Indonesia

Pj Wali Kota melihat hasil pengelolaan sampah di Selecta
Sumber :
  • VIVA Malang - (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Pemukulan gong menjadi pertanda Launching Taman Rekreasi Selecta menjadi tempat wisata di Kota Batu yang bebas sampah (zero waste) pertama di Indonesia pada Selasa, 2 Juli 2024.

Emak-emak di Jombang Digelandang Warga ke Polsek Karena Diduga Curi Sepeda

Selain itu, Selecta juga mendeklarasikan diri menjadi benchmarking sebagai tempat edukasi pengelolaan sampah.

Direktur PT Selecta, Sujud Hariyadi mengatakan jika langkah ambisius mereka menuju zero waste atau nihil sampah akhirnya bisa dilakukan. Ini sangat penting karena limbah sampah di Taman Rekreasi Selecta mencapai puluhan ton per bulan, terdiri dari sampah organik dan anorganik. 

Mlayu Nyambi Plesir, SIWO PWI Malang Night Run 2024 Segera Digelar

"Selama bertahun-tahun, Selecta bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu untuk membuang limbah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, dengan munculnya polemik terkait TPA Tlekung, PT Selecta mulai melakukan pemilahan sampah," katanya.

Sebelumnya, sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk organik lainnya, sementara sampah anorganik diambil oleh Desa Tulungrejo untuk diolah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Tulungrejo. Sayangnya, kerja sama dengan Desa Tulungrejo tidak berlangsung lama. 

Dapat Golden Tiket, Atlet Binaraga Jombang Melenggang ke PON 2024

"Nah pada 1 April 2024, PT Selecta mulai bekerja sama dengan CV Indonesia Menuju Hijau (IMH) untuk mengelola sampah secara mandiri. Dalam tiga bulan terakhir, Selecta berhasil mewujudkan zero waste, di mana tidak ada lagi sampah yang keluar dari Taman Rekreasi, Hotel, dan Restoran menuju TPS, TPA, atau tempat pembuangan lainnya," ujar Ketua PHRI Kota Batu ini.

Langkah yang diambil PT Selecta mencakup prinsip reuse, reduce, dan recycle untuk sampah anorganik. Sementara itu, sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk cair untuk tanaman, bahkan dimanfaatkan sebagai pakan ikan.

Halaman Selanjutnya
img_title