302 Sumber Mata Air Teridentifikasi di Kota Batu

Saat ekspedisi mata air.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – 302 sumber mata air berhasil diidentifikasi oleh Gerakan Kesadaran Terlibat dan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli).

144 Atlet Tenis Meja Siap Berlaga di Bhayangkara EAK Cup

Koordinator Ekspedisi Mata Air, Doddy Eko Wahyudi mengatakan, data hasil ekspedisi tersebut semakin melengkapi data mata air di Kota Batu yang telah terdokumentasi dalam Buku Inventarisasi Sumber Mata Air Wilayah Perhutani KPH Malang, cetakan ke-3 Tahun 2016.

"Jumlah mata air tersebar baik di seluruh kawasan desa dan kelurahan, termasuk di kawasan hutan dengan berbagai nama lokal. Temuan jumlah itu lebih banyak dari data yang disampaikan Pemkot Batu selama ini yang hanya mendata sebanyak 157 mata air," katanya, Senin, 3 Juni 2024.

Atlet Paralayang Kota Batu Bidik 4 Besar Dunia di IPAC 4th Series

Jumlah tersebut masih belum termasuk di 2 desa dan kelurahan yang belum disurvei seperti di Desa Oro-Oro Ombo dan Kelurahan Pesanggrahan. Diketahui, kegiatan ekspedisi ini dilakukan sejak Oktober 2022 hingga Mei 2024.

"Dalam ekspedisi ini melibatkan relawan masyarakat dan perwakilan instansi Perum Jasa Tirta I, BBWS Brantas, TNI, Polri, PUPR, DLH, BPBD, dan PDAM Kota Batu," ujarnya.

Partai Demokrat Kota Batu Maklumatkan Diri Dukung Mas Gum

Tujuan ekspedisi dilakukan untuk menjawab ketidaktahuan atau kesimpangsiuran data mata air yang selama ini diketahui masyarakat.

"Karena selama ini masyarakat Kota Batu sering mendengar pemberitaan jumlah mata air yang tersisa, namun jumlahnya tidak sama dengan mata air yang dikenal masyarakat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title