KPU Kota Batu Lantik 15 PPK untuk Pilkada 2024

Pelantikan PPK oleh KPU Kota Batu
Sumber :
  • Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – KPU Kota Batu melantik 15 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari seluruh anggota 60 persen didominasi wajah baru, dan 40 persen merupakan PPK Pemilu 2024 kemarin.

KPU Kabupaten Malang Buka Pendaftaran KPPS untuk Pilkada 2024

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengatakan pelantikan ini merupakan salah satu tahapan untuk menyongsong Pilkada 2024 mendatang. 

"Untuk sebaran jumlah PPK yang dilantik setiap kecamatan diisi 5 orang dari 3 kecamatan yang ada di Kota Batu. Pelantikan ini digelar setelah mereka melalui beberapa tahapan mulai pendaftaran, tes tulis berbasis komputer, wawancara, dan pleno penetapan," katanya, Kamis 16 Mei 2024.

Paslon Salaf Targetkan Kemenangan Mutlak di Pilbup Malang

KPU menilai 15 anggota PPK yang dilantik merupakan yang terbaik untuk menjalankan tugas mereka demi mensukseskan Pilkada 2024. 

"Nanti mereka bertugas membantu KPU dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 seperti melakukan pemutakhiran dan daftar tetap pemilih, penyelenggaraan pencoblosan, menerima dan menyampaikan hasil perhitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya, serta tugas-tugas lain," tuturnya.

Ingin Dekat dengan Paslon Guru, Ratusan Relawan Geruduk Posko Pemenangan

Selain itu PPK harus melakukan pleno pemilihan ketua beserta divisi masing-masing di setiap kecamatan dengan menggandeng Muspika setempat. 

"Sesuai aturan KPU harus ada divisi, nah di tingkat kecamatan PPK juga harus ada divisinya," tutupnya.