Warga Temukan 9 Mortir Aktif Sisa Perang Dunia ke II di Pujon Malang

Petugas saat mengamankan mortir.
Sumber :
  • Humas Polres Batu.

Malang, VIVA –Sembilan mortir sisa-sisa perang dunia ke II ditemukan di Dusun Krajan RT 15 RW 3 Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Motif Kesal dan Isu PHK Jadi Pemicu Seorang Satpam Bakar Perusahaan Tas Kaboki

Kasi Humas Polres Batu, Ipda Trimo membenarkan temuan tersebut. Kronologis berawal ketika seorang warga bernama Ahmad Suliyan tengah bersih-bersih bambu di sekitar perbukitan pukul 12.30 WIB, Senin 6 Mei 2024.

"Nah pas bersih-bersih itu mereka menemukan mortir, karena takut akhirnya melaporkan kepada pihak desa dan diteruskan ke Polsek Pujon. Petugas pun langsung mendatangi lokasi," katanya, Selasa, 7 Mei 2024.

Pabrik Tas Rajut Kaboki Pasuruan Terbakar Hebat, Pembakar Ditangkap Polisi

Kapolsek Pujon, AKP Sigit Purwanto mengatakan setelah mendatangi lokasi pihaknya langsung menghubungi unit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim untuk mengamankan Mortir tersebut.

"Agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan kami dari Polsek dan Polres Batu sudah mengamankan TKP dengan memasang police line agar masyarakat tidak mendekat," kata Sigit. 

Taekwondo Piala Pj Wali Kota Malang Jadi Ajang Cari Bibit Atlet dan Sport Tourism

Polisi meyakini sembilan buah mortir yang ditemukan di bukit tersebut masih dalam keadaan aktif. Untuk itu mortir ini dibawa ke tempat aman agar tidak membahayakan masyarakat. 

"Kami meyakini mortir ini masih keadaan aktif. Mortir tersebut akan dievakuasi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title