Polres Batu Bakal Tindak Tegas SPBU Nakal

Sidak yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Polres Batu menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa SPBU yang ada di Kota Batu untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kiswoyo mengatakan dalam sidak ada tiga SPBU yang didatangi antara lain SPBU Pandanrejo, SPBU Songgoriti, dan SPBU Pendem. Tujuan sidak dan pemantauan untuk memastikan ketersediaan BBM di wilayah hukum Polres Batu.

"Pengawasan ini tidak hanya kita lakukan sehari ini saja, tapi secara berkelanjutan. Kami mengimbau kepada pengusaha SPBU agar tidak berbuat curang kepada konsumen," katanya.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Polres Batu berjanji menindak tegas sesuai hukum yang berlaku jika sampai ada SPBU nakal contohnya bermain takaran hingga mencampur dengan bahan lain.

"Sanksinya bisa proses pidana sebagaimana hukum yang berlaku kepada pelaku. Kalau tempatnya bisa saja disegel jika terbukti melanggar," ujarnya.

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan penjualan BBM di Kota Batu serta upaya Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Polres Batu.

"Anggota kita dari Satreskrim didampingi dari Diskumdag Kota Batu telah melakukan pengecekan di beberapa SPBU guna menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan pendistribusian BBM dan mencegah terjadinya antrian yang berlebihan saat lebaran," tuturnya.