Usai Klojen, Unit Semut Ireng Damkar Kota Malang Maraton Jinakan Sarang Tawon di Lowokwaru

Tim Damkar Kota Malang evakuasi sarang tawon di Jalan Kembang Turi.
Sumber :
  • Istimewa/Damkar Kota Malang

Malang, VIVA – Usai berhasil jinakan sarang tawon di rumah milik Sri Lestari di Jalan Sumbing nomor 14, Gadingkasri, Klojen, Kota Malang sekira pukul 19.30 WIB hingga pukul 19.56 WIB pada Minggu, 17 Maret 2024. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Tim unit semut ireng Pemadam Kebakaran, Kota Malang kembali bergegas mengevakuasi sarang tawon lagi. Kali ini bergeser ke wilayah Lowokwaru. Di rumah milik Bagio Jalan Kembang Turi Nomor 8c, Jatimulyo, Kota Malang.

"Sarang tawon berhasil dievakuasi. Jam Mulai Operasi pukul 20:47 WIB. Dengan laama Penyelesaian sekira 100 Menit berakhir pukul 22:27 WIB," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran, Kota Malang Agoes Soebakti usai evakuasi pada Minggu, 17 Maret 2024 melalui keterangannya. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Agoes mengatakan, operasi evakuasi sarang tawon dipimpin oleh Komandan Regu 1 Jainuri. Mereka awalnya, mendapat laporan adanya sarang tawon yang berada di atap rumah warga pada pukul 20.19 WIB.

"Tim melakukan validasi dan berangkat menuju lokasi. Sesampainya di lokasi, tim mempersiapkan peralatan serta memakai APD," ujar Agoes.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Tim melakukan evakuasi dengan cara menutup jalan keluar tawon dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan bensin. Setelah itu tim membersihkan sisa-sisa sarang tawon. 

"Setelah itu, tim memberikan edukasi kepada warga mengenai cara pencegahan tawon. Evakuasi selesai, tim kembali ke markas komando," tutur Agoes.