Pemkot Batu Bakal Sidak Penjual Takjil, Ini Tujuannya

Pedagang penjual takjil. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu bakal melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kepada para penjual makanan dan minuman takjil di seputaran Kota Batu. Hal itu dilakukan untuk memastikan agar makanan dan minuman yang dijual tidak merugikan serta membahayakan masyarakat. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan bila pihaknya tidak melarang masyarakat menjual makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Tapi harus mengedepankan kesehatan masyarakat.

"Nah untuk memastikan hal itu, akan dilakukan sidak agar penjual mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan. Makanya kroscek langsung sangat dibutuhkan," katanya, Sabtu, 16 Maret 2024. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Nantinya sidak akan dilakukan secara acak ke para penjual takjil. Apabila nantinya dari hasil sidak yang dilakukan ditemukan adanya makanan atau minuman berbahaya bagi kesehatan manusia maka penjual akan dilakukan pembinaan. 

"Itu nanti kita sewaktu-waktu ada sidak di berbagai makanan kita ingin ada sampel, kalau sampelnya nanti menemukan ada sesuatu yang merugikan masyarakat terhadap kesehatannya, ya mungkin saja kita lakukan pembinaan," ujarnya. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Batu, Monika Kartikaning Fajar Ain mengutarakan pembinaan dan pengawasan keamanan pangan takjil perlu dilakukan untuk melindungi masyarakat terjadinya keracunan pangan akibat mengkonsumsi makanan yang tercemar bahan berbahaya. 

"Nanti sidak akan dilakukan oleh tim gabungan dinas kesehatan, puskesmas dan BPOM yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 22 Maret 2024. Secara acak pemeriksaan dilakukan pada 35 pedagang takjil di 3 kecamatan se-Kota Batu," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title