Tercatat Ada 4 Peristiwa Longsor Saat Kota Batu Dilanda Cuaca Ekstrem

Longsor akibat cuaca ekstrem di Kota Batu.
Sumber :
  • Pusdalops BPBD Kota Batu

Batu, VIVA – BPBD Kota Batu mencatat ada empat kejadian longsor saat cuaca ekstrem hujan dan angin melanda Kota Batu sejak Sabtu 9 Maret 2024 hingga Minggu 10 Maret 2024 pagi.

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Kalaksa BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan dari data Pusdalops BPBD pada Sabtu kemarin ada empat kejadian longsor terjadi. Seperti yang terjadi di Dusun Jurang Kuali, Desa Sumber Brantas. Tanah longsor menyebabkan jalan tidak bisa dilalui.

"Dalam kejadian, longsoran tanah menutup sebagian jalan raya, dengan dimensi panjang 20 meter, lebar 3 meter dan tinggi 8 meter. Material longsor juga menutup saluran drainase dan sebagian bahu jalan, sehingga sempat mengganggu pengguna jalan, sebelum akhirnya dilakukan pembersihan oleh petugas," katanya.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Kedua dilaporkan kejadian serupa terjadi di Dusun Gangsiran Ledok, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Sekarang petugas juga sudah melakukan pembersihan material.

"Rekomendasi BPBD yaitu untuk dilakukan perbaikan tembok yang ambrol serta memberikan bantuan darurat," tuturnya.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Kejadian ketiga terjadi pukul 17.00 WIB di Jalan Bupati Suntoro RT 05/RW 04, Dusun Gangsiran Ledok, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Plengsengan teknis ambrol dan menutup sebagian akses jalan warga dengan dimensi panjang 12 meter dan tinggi 5 meter.

"Material longsor sempat menutup sebagian akses jalan raya warga dan mengganggu aktivitas warga," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title