Pj Wali Kota Malang Instruksikan Percepatan Perbaikan Plengsengan Longsor di Sukun

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat meninjau longsor di Sukun
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat merespon cepat ambrolnya Plengsengan irigasi setinggi 9 meter dengan panjang 50 meter di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada Selasa, 5 Maret 2024 kemarin. Dia datang meninjau langsung pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Wahyu Hidayat didampingi oleh Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno dan Kepala DPUPR-PKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto. Disana Wahyu melihat progres normalisasi irigasi yang tertimbun material longsoran oleh petugas DPUPR-PKP.

Setelah itu dia melihat plengsengan yang ambrol. Plengsengan ini memiliki kontur tanah yang labil karena merupakan tanah urukan. Wahyu lantas mencoba berinteraksi dengan warga setempat. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Ada 6 rumah warga yang masuk kategori rawan longsor karena berada dekat di atas plengsengan yang ambrol. Dengan pendekatan dia menyarankan warga untuk sementara mengungsi ke tempat aman sampai normalisasi dan perbaikan plengsengan rampung di perbaiki. 

"Kami minta warga untuk sementara waktu tidak tinggal di sana sampai perbaikan plengsengan selesai," kata Wahyu. 

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

Area irigasi yang terdampak longsor masuk wilayah Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Jatim. Mereka akan membantu Pemkot Malang dalam membangun kembali plengsengan yang ambrol. Dinas PU SDA Jatim juga telah melakukan kajian dampak dan kondisi yang ada.

"Kami sudah laporkan ke provinsi, PU SDA Jatim juga sudah turun dan nanti akan membantu untuk plengsengannya," ujar Wahyu. 

Halaman Selanjutnya
img_title