Peringatan Dini BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur pada 4-10 Maret 2024

Waspada cuaca ekstrem di Jawa Timur pada 4-10 Maret 2024.
Sumber :
  • Pexels/Nikita Korchagin

Malang, VIVA – Kepala Stasiun Meteorologi Klas 1 Juanda Taufiq Hermawan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur pada periode tanggal 4 sampai 10 Maret 2024.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Taufiq mengatakan, cuaca ekstrem yang berpotensi melanda beberapa wilayah di Jawa Timur ini dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es.

Taufiq merinci, beberapa wilayah di Jawa Timur yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem selama periode tersebut, yakni Kab. Banyuwangi, Kota Batu, Kota dan Kab. Blitar, Kab. Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kab. Gresik, dan Kab. Ngawi.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Selanjutnya, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kota dan Kab. Kediri, Kota dan Kab. Malang, Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kota dan Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Nganjuk, Kab. Bangkalan, Kab. Pamekasan, dan Kab. Sampang.

Kemudian, Kab. Ponorogo, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kota Surabaya, Kab. Trenggalek, Kota dan Kab. Mojokerto, Kab. Pasuruan, Kota dan Kab. Probolinggo, Kab. Tuban, Kab. Tulungagung, dan Kab. Pacitan.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Ia menjelaskan, saat ini wilayah Jawa Timur berada pada fase peralihan dan akhir musim hujan. Dia mengatakan, suhu muka laut di perairan Jawa Timur hangat, pola pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Jawa Timur, serta didukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembab mulai lapisan bawah hingga atas dapat menyebabkan penumpukan massa udara basah sehingga terbentuk awan-awan konvektif yang massif di wilayah Jawa Timur.

”BMKG Juanda menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa mewaspadai terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan,” kata Taufiq dalam imbauannya.

Halaman Selanjutnya
img_title