Menteri Basuki Bocorkan Perum Jasa Tirta I Punya Potensi Garap Di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap Perum Jasa Tirta I mampu bertransformasi menjadi perusahaan yang berkembang di usia yang ke 34. 

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Tema ulang tahun kali ini, Transformasi BUMN Pengelola Sumber Daya Air yang Berkelanjutan. Perayaan ulang tahun ke 34 dipusatkan di Kota Malang, pada Senin, 19 Februari 2024. 

"Saya kira sesuai dengan tema ulang tahun kalau bahasanya kan transformasi tapi bagaimana PJT I bisa mengelola sumber daya air tidak hanya di aliran wilayah Sungai Brantas. Tapi juga di wilayah kerja daerah lain seperti di Toba dan akan diberikan wilayah kerja lain di daerah lain," kata Basuki saat di Malang. 

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Basuki menturkan, untuk berkembang PJT I harus mengetahui kebutuhan para customernya. PJT I harus berkembang tidak hanya melayani PLN untuk pembangkit listrik tapi juga bisa melayani masyarakat salah satu penyediaan air minum. 

"Ke depan PJT I harus tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat karena salah satu dari customernya. Tidak hanya PLN tapi juga air minum yang dibutuhkan oleh masyarakat jadi fokusnya adalah pelayanan terhadap masyarakat," ujar Basuki. 

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PUPR terdekat adalah berencana membawa Perum Jasa Tirta I mengelola sumber daya air di Ibu Kota Nusantara (IKN). Namun, semuanya masih akan dimatangkan kembali, termasuk menyiapkan sarana dan prasarana. 

"Saat ini sedang kita pikirkan untuk ke IKN. Ini kan baru saat ini sedang dibikin prasarananya jadi nanti pengelolaannya pasti ada kelembagaannya ini nanti akan kita pikirkan," tutur Basuki.