RSUD Karsa Husada Batu Siapkan Ruang Khusus Caleg Depresi

ilustrasi depresi.
Sumber :
  • Ist/google image

Batu, VIVA – RSUD Karsa Husada siapkan ruang khusus bagi caleg yang mengalami depresi akibat gagal terpilih saat kontestasi Pemilu 2024. Hal itu disampaikan oleh Wakil Direktur Pelayanan RSUD Karsa Husada Kota Batu, dr. Benny Marcel, Selasa 13 Februari 2024.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

"Sebagai antisipasi kami siapkan ruang atau kamar inap bagi caleg yang mengalami depresi atau gangguan jiwa pasca Pemilu," katanya.

Pasalnya tak sedikit caleg yang mengalami depresi ringan maupun berat atau gangguan jiwa, namun hasil yang didapat tak sesuai harapan mereka. Terlebih mereka sudah menghabiskan tenaga, pikiran, dan dana yang besar.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

"Nah ruang-ruang tersebut akan digunakan untuk pelayanan rawat inap bagi caleg yang mengalami gangguan jiwa. Kemudian, upaya yang dilakukan merujuk dari assessment dokter kejiwaan atau psikiater. Hasilnya nanti seperti apa bisa dua hal antara lain gangguan jiwa berat dan gangguan jiwa ringan," ujarnya.

Bila mengalami gangguan jiwa berat tentu RSUD Karsa Husada Batu tak memiliki sarana dan prasarananya. Sehingga pihaknya akan merujuk ke Rumah Sakit jiwa. Tapi bila mengalami gangguan jiwa ringan maka akan kita dilakukan perawatan dan pemberian obat di RS.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Untuk itu sata berharap pada Pemilu ini nantinya tidak ada caleg yang mengalami gangguan jiwa berat. Apalagi penanganannya butuh waktu panjang hingga bertahun-tahun. Saran saya harus bisa mengelola stres dan bisa menerima kenyataan bila hasil tak sesuai harapan," tuturnya.