Ratusan Personel Polri dan TNI Diberangkat Menuju TPS di Kota Malang

Apel gelar pasukan pengamanan TPS di Stadion Gajayana
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Ratusan personel gabungan terdiri dari 530 personel Polresta Malang Kota, 204 personel TNI, 30 Personel Brimob Batalyon B diberangkatkan secara simbolis menuju tempat pemungutan suara yang tersebar di wilayah Kota Malang

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Apel gelar pasukan pengamanan TPS ini dilakukan di Stadion Gajayana, Kota Malang pada Selasa, 13 Februari 2024. Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto dan Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memimpin langsung pemberangkatan simbolis ini.

"Nanti bergabung termasuk satlinmas itu sekitar 4.500. Nah ini tersebar di 2.452 TPS. Kita atur sistem jaga dari saudara-saudara kita yang personel pengamanan TPS personil. Sehingga kesehatannya bisa maksimal terus kami juga melaksanakan check up kepada seluruh personel yang dilakukan oleh Dinkes dan klinik di Polresta termasuk pemberian vitamin," kata perwira yang akrab disapa Buher. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Buher menuturkan bahwa selain personel TNI, Polri dan Satlinmas. Mereka juga melibatkan para relawan untuk membantu penanganan medis. Apel ini nantinya akan ditutup dengan cek langsung ke TPS yang tersebar di wilayah Kota Malang secara acak. 

"Kami juga melibatkan komunitas relawan ambulans yang ada di Kota Malang untuk sama-sama membantu dalam penanganan kesehatan medis. Khususnya yang dalam kondisi kurang sehat nah terhadap seluruh personel yang kita gelar ini nanti kita bersama pak wali kota bersama Dandim dan seluruh Forkopimda akan melakukan pengecekan langsung kepada TPS," ujar Buher. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Buher mengatakan, cek TPS untuk melihat sejumlah kesiapan jelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024 besok. Mulai dari kotak suara dan lain sebagainya. Mereka juga membentuk tim satgas politik uang. Hingga membersihkan alat peraga kampanye (APK) yang tersisa. 

"Kita sudah membentuk tim satgas money politik termasuk APK yang masih ada kita imbau pada para peserta Pemilu untuk bisa melepas APK-nya sendiri. Sehingga nanti personel dari Satpol PP termasuk dari Bawaslu akan tetap membantu melepas. Ini kita berharap Kota Malang ini aman kondusif," tutur Buher.