Puluhan Jukir Pasar Induk Among Tani Pertanyakan Nasib

Saat puluhan jukir mendatangi UPT Pasar.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Puluhan juru parkir (jukir) datangi UPT Pasar Induk Among Tani Kota Batu, pada Jumat, 2 Februari 2024. Mereka menanyakan nasib mereka setelah dipasang gate parking atau pintu parkir elektronik.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Koordinator Paguyuban Parkir Pasar, Heri Maskur mengatakan yang memantik para jukir mendatangi UPT Pasar karena adanya pemberlakukan resmi gate parkir.

"Kami datang untuk menyampaikan aspirasi dan meminta kepekaan dari Pemkot Batu, bukannya ingin menguasai pasar, sebelum revitaliasi pasar kita sudah parkir di sini. Apalagi banyak teman-teman yang menggantungkan hidup menjadi jukir di pasar untuk menafkahi keluarga," kata Heri. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Apalagi semua jukir merupakan masyarakat Kota Batu. Mereka menuntut ada kebijakan yang berlandaskan kearifan lokal. Dari forum pertemuan, mereka mengeluhkan karena kepala dinas belum bisa mengambil keputusan. 

"Kami minta segera ada jawaban pasti dari Pj Wali Kota Batu. Yang jelas ayo kita berpikir tanpa mengenyampingkan hak-hak masyarakat. Tolong manusiakan manusia. Permasalahan ini intinya pada komunikasi yang buruk sebab tidak pernah ada sosialisasi terlebih dahulu," ujarnya.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Sementara itu, Kepala Diskumdag Kota Batu, Aries Setiawan mengaku siap menyampaikan aspirasi para jukir kepada pimpinan. Selain itu para jukir bisa mengirim surat resmi kepada Diskumdag.

"Sehingga bisa menjadi dasar kami untuk melaksanakan rapat koordinasi secara internal di pemda untuk membahas nasib para jukir. Apalagi memang kami kekurangan pegawai di sana," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title