Banjir Sebabkan Tembok Pagar Hotel Roboh Hingga Rumah Warga Terendam

Saat warga membersihkan material tembok roboh.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Petugas gabungan, relawan, dan masyarakat berjibaku membersihkan material lumpur dan batu yang terbawa air saat banjir melanda di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Senin 29 Januari 2024 sore.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Bahkan akibat banjir sebuah pagar milik Hotel Singhasari berukuran tinggi 8 meter dan panjang 30 meter roboh menutup Jalan Damun Beji. 

Selain itu dilaporkan 2 rumah rusak dan terendam banjir milik Winarto dan Rina Sulistyowati, 3 kendaraan terdiri dari 1 mobil dan 2 sepeda motor sempat hanyut terbawa banjir. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu menjelaskan untung dalam kejadian tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Banjir disebabkan drainase milik hotel tidak bisa menampung air saat hujan deras melanda. Sehingga air meluber dan menghancurkan tembok pagar hotel. 

"Sekarang petugas gabungan tengah melakukan normalisasi dan pembersihan material lumpur. Selanjutnya kami akan melakukan tahap pasca bencana," kata Agung, Selasa, 30 Januari 2024.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Tidak hanya kendaraan dan rumah warga terdampak, fasilitas umum juga mengalami kerusakan seperti drainase tersumbat, kabel PLN terputus, fasum terkikis dan rawan ambrol. Banjir juga sebabkan pipa Hipam terputus.

"Sejak kemarin malam kami melakukan pembersihan dengan menurunkan alat berat, targetnya hari ini bisa selesai. Semoga semua lekas tertangani, koordinasi untuk mempercepat penangganan terus kita lakukan bersama TNI, Polri, relawan, dan lainnya," tuturnya.