Pemkot Batu Mulai Revitalisasi Kali Paron Bumiaji

Revitalisasi Kali Paron di Desa Bumiaji untuk mencegah banjir.
Sumber :
  • DPUPR Kota Batu.

Batu, VIVA – Kerap jadi langganan banjir, karena air meluap, Pemkot Batu mulai melakukan revitalisasi Sungai Paron di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Senin 15 Januari 2024.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan revitalisasi mulai dikerjakan dan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Pengerjaan ini dilakukan sebagai bentuk menjawab keluhan masyarakat sekitar yang kerap dilanda banjir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Kali Paron sering meluap dan berdampak ke rumah warga. Saya sudah berdiskusi untuk melakukan revitalisasi Kali Paron bersama Kepala Dinas PUPR Kota Batu. Semoga lekas rampung dan banjir tidak lagi melanda wilayah sekitar," kata Aries. 

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Namun revitalisasi Kali Paron dilakukan dengan sangat hati-hati, mengingat berdekatan dengan pipa air bersih warga. Diharapkan, dengan adanya revitalisasi tersebut, mampu mengurangi risiko terjadinya banjir luapan.

"Semoga niat baik ini segera terealisasi dan wilayah ini tidak lagi menjadi langganan banjir," ujarnya.

Amarah Membara Karena Terbakar Api Cemburu, Jadi Motif Pria Muharto Bacok Istri

Sementara itu, Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Hidayat mengatakan terkait dengan revitalisasi mulai hari ini dikerjakan. Tapi hanya sebatas melakukan pembukaan shortcut atau jalan pintas untuk air.

"Substansinya adalah kita membuang aliran kali paron ke saluran pembuang dan kita buatkan shortcut (jalan pintas) yang mengarah ke Sungai Brantas langsung," kata Alfi. 

Halaman Selanjutnya
img_title