Wahyu Hidayat Siapkan Rp2 Miliar Untuk Subsidi Harga Kebutuhan Pokok

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat di pasar besar
Sumber :
  • Prokompim Setda Kota Malang

Malang, VIVA – Pemerintah Kota Malang menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk subsidi harga kebutuhan pokok. Subsidi itu disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Relawan Kris Dayanti Datangi Kandang Banteng Ambil Formulir Calon Wali Kota Batu

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa skema yang akan mereka ambil adalah dengan membeli ke distributor untuk sejumlah kebutuhan pokok yang naik. Selanjutnya, Pemkot Malang akan menjual dengan harga normal kepada masyarakat demi menekan harga yang melambung. 

"Adanya subsidi membuat harga jual akan normal. Untuk beras, kami sudah komunikasi dengan Bulog untuk membeli stok agar kebutuhan terpenuhi," kata Wahyu, Jumat, 22 Desember 2023.

Pj Wali Kota Batu Pantau Hari Pertama Angkutan Pelajar Gratis

Sejauh ini skema subsidi sudah matang sebesar Rp2 miliar. Tetapi untuk jumlah pasti stok beras yang dibeli masih melihat kebutuhan masyarakat. Namun, Pemkot Malang memastikan harga beras yang dijual termasuk kebutuhan pokok lainnya seperti minyak dan gula mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET). 

"Yang jelas harga beras kami upayakan sesuai dengan harga eceran tertinggi atau harga normal," ujar Wahyu. 

Ratusan Calon Anggota PPK Pilkada di Jombang, Mulai Jalani Tes CAT

Sebelumnya, Wahyu Hidayat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang melakukan inspeksi mendadak ketersediaan dan stabilitas harga komoditas bahan pokok. Dia memastikan semuanya masih dalam kondisi normal. Ada sejumlah komoditas yang naik, namun ada pula yang turun.

Hasil koordinasi dengan Bulog diketahui ketersediaan beras mencukupi untuk kebutuhan nataru nanti. Tercatat saat ini Beras di Gudang Bulog tersedia 1.367 ton.

Halaman Selanjutnya
img_title