Presiden Jokowi Resmikan Pasar Tradisional Terbesar di Indonesia

Presiden RI Jokowi meresmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Suara sirine dan penandatangan prasasti menjadi pertanda Presiden RI Joko Widodo meresmikan pasar tradisional terbesar di Indonesia yaitu Pasar Induk Among Tani, Kota Batu

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Orang nomor satu di Indonesia ini takjub dengan kemegahan pasar berlantai 3 yang dibangun oleh Kementerian PUPR dengan biaya APBN sebesar Rp166 miliar.

Nampak dalam peresmian Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, dan pejabat lainnya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Dalam sambutannya, Joko Widodo berharap pembangunan pasar bisa meningkatan kesejahteraan para pedagang dan masyarakat Kota Batu.

"Sangat bagus, gedungnya megah, ini luar biasa. Kiosnya ditata rapi, losnya juga ditata rapi, begitu juga kuliner. Itu lihat tempat parkirnya juga luas. Semoga pedagang semakin laris dan sejahtera," kata Jokowi, Kamis, 14 Desember 2023.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Perlu diketahui, pasar tradisional yang dibangun mulai tahun 2021-2023 memiliki konsep tiga lantai, yakni pada lantai pertama merupakan area basah seluas 14.990,62 meter persegi dan pada lantai dua merupakan area kering seluas 14.143,63 meter persegi.

Sementara pada lantai tiga, disiapkan tempat kuliner dan kantor dengan luas 6.032,86 meter persegi. Pasar yang berada di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu dan mulai dibangun pada 2021 di atas lahan seluas 34 hektare tersebut juga memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang ramah lingkungan. 

Halaman Selanjutnya
img_title