Suciwati Pertanyakan Pemakaman Eks Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di TMP

Suciwati istri mendiang Munir Said Thalib pejuang HAM
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVASuciwati istri mendiang Munir Said Thalib pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) mengaku kurang sependapat terkait pemakaman eks Wali Kota Batu periode 2007-2017 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Batu.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Hal itu ia sampaikan saat konferensi pers Hari HAM yang digelar Amnesty International Indonesia (AII) secara daring, Jumat, 8 Desember 2023 kemarin. Saat dikonfirmasi media ini, dirinya pun membenarkan ungkapan tersebut. 

Suciwati menilai ER sapaan Eddy Rumpoko meninggal dunia masih berstatus terpidana kasus korupsi yang ditangani oleh KPK

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Bagaimana seorang koruptor kemudian saat meninggal dunia dimakamkan di TMP yang notabene makam para pahlawan. Apakah itu layak?," kata Suciwati, Sabtu, 9 Desember 2023.

Hal ini membuktikan jika adanya degradasi moral karena masih banyak orang yang bangga sebagai koruptor. Bahkan dirinya juga menyinggung adanya pelanggar HAM yang kini menjadi peserta Pemilu 2024.

Keseruan Gus Ipul dan Mas Adi Saat Halal bi halal Bersama ASN Pemkot Pasuruan

Suciwati menganggap fenomena tersebut sebagai degradasi moral. Ia mencontohkan masih ada banyak orang yang bangga sebagai koruptor. Bahkan, Suciwati menyebut ada pihak yang bangga mendukung para pelanggar HAM yang kini menjadi peserta Pemilu 2024.

"Itu yang aku pikir makin rendahnya nilai-nilai yang kita miliki," ujar Suciwati. 

Halaman Selanjutnya
img_title