Ada Lubang Besar di Jalan Bandung Kota Malang Bekas Gorong-gorong Tinggalan Belanda

Jalan ambles di Jalan Bandung Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Masyarakat yang melintas di Jalan Bandung, Kota Malang dikejutkan dengan lubang yang tiba-tiba terjadi sekira pukul 12.30 WIB, Kamis, 7 Desember 2023. Lokasi lubang itu tepat berada di depan Sekolah TK, SD dan SMP Karya Sang Timur

Keseruan Gus Ipul dan Mas Adi Saat Halal bi halal Bersama ASN Pemkot Pasuruan

Kesaksian satpam sekolah, Agustinus Slamet (55 tahun) mengatakan bahwa lubang itu tiba-tiba muncul beruntung tidak ada pengendara jalan yang jatuh. Awalnya lubang itu 1,5 meter dengan kedalaman 5 meter dilihat lebih ke dalam diameter lubang sekitar 4 meter. 

"Tahu-tahu bolong tergerus. Awalnya kecil, terus lama-lama membesar. Tidak ada korban," kata Augustinus. 

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Dandung Julhardjanto setelah mendapat laporan langsung datang ke lokasi. Dia pun langsung menerjunkan alat berat untuk menangani jalan ambles atau lubang di Jalan Bandung. 

Dugaan awal penyebab jalan ambles tersebut karena kontruksi aspal berada di atas gorong-gorong lama peninggalan Belanda. Usia gorong-gorong yang sudah tua tidak mampu menahan beban berat lagi. Apalagi volume kendaraan cukup padat di lokasi. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Gorong-goronya sudah lama tidak kuat menahan beban berat sehingga jalannya ambles. Kalau kedalaman lima meter, ini bukan drainase tetapi bagian dari saluran irigasi," ujar Dandung.

Untuk meminimalisasi dampak yang lebih parah karena berpotensi menimbulkan korban jalan pun ditutup. Selain itu, jalan juga sekalian dibongkar dengan alat berat. 

Halaman Selanjutnya
img_title