Tahun Depan Diskominfo Kota Batu Bakal Pasang Internet Gratis di Pasar Among Tani

Pasar Induk Among Tani.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pemkot Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu mengalokasikan anggaran Rp300 juta untuk pemenuhan fasilitas internet gratis di Pasar Induk Among Tani.

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Hal itu disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Andriyanto demi mempermudah para pedagang maupun pembeli untuk bertransaksi.

"Anggaran itu diperuntukkan pada tahun 2024 mendatang, total kami siapkan Rp300 juta. Saat ini para pedagang masih memanfaatkan internet gratis dari CSR Bank Jatim," kata Onny, Selasa 28 November 2023.

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Jika sudah direalisasikan tahun depan pengelolaan fasilitas akan dialihkan ke Pemkot Batu. Harapannya pedagang semakin lancar bertransaksi online maupun promosi online.

"Sementara sekarang internet ditangani oleh Bank Jatim. CSR meliputi kabel jaringan, hardware, router. Pokok, semua pengelolaan manajemen murni Bank Jatim," ujarnya.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Kebutuhan internet, menurutnya, sejak fasilitas itu ada dimanfaatkan oleh pedagang untuk transaksi digital. Bahkan, terlihat dari sistem perdagangannya juga ada yang melalui marketplace.

"Pastinya saat ini masih kerjasama dengan Bank Jatim. Dan, tahun depan akan dialihkan dibawah pengelolaan Pemkot," tuturnya.