Terkendala Medan Terjal, Butuh Hampir Satu Pekan Untuk Padamkan Gunung Panderman

Penampakan kebakaran di Lereng Gunung Panderman.
Sumber :
  • Ist/Yusak

Batu, VIVA – Proses pemadaman Gunung Panderman yang terbakar pada pada, Selasa 21 November 2023 kemarin setidaknya membutuhkan waktu sekitar 5 hari. Penyebabnya adalah medan yang terjal dengan tebing berbatuan. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

"Proses pemadaman perkiraan sampai lima hari karena medan terjal,” kata Kepala Resort KPH Oro-Oro Ombo, Kamuliono, Kamis, 23 November 2023. 

Adapun titik kebakaran berada di petak 227 Lereng Gunung Panderman. Untuk sementara dugaan kebakaran gunung setinggi 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu karena sambaran petir yang mengenai ranting hingga menimbulkan api dan kebakaran.

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

“Di lapangan kami tetap melakukan proses pemadaman secara manual yaitu dengan gebyok dan dan ilaran (sekat bakar)," ujar Kamuliono

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan bahwa sejak pertama kali ditemukan titik api sekira pukul 15.30 WIB pada Selasa 21 November 2023, upaya pemadaman oleh personel gabungan sudah dilakukan. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

“Kemarin sudah dilakukan upaya pemadaman. Dikarenakan oleh medan yang sangat sulit. Tidak sampai tengah malam personel turun ke bawah karena sudah gelap,” tutur Agung. 

"Ada 50 orang dari tim gabungan untuk berupaya memadamkan api secara manual dan membuat sekat bakar," kata Agung. 

Halaman Selanjutnya
img_title