Pemprov Jatim Konsen Kuatkan Literasi Science dan Mathematic Demi Ikuti Perkembangan Internasional

Sekda Provinsi Jatim, Adhy Karyono.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pemprov Jatim berharap dalam peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2023 bisa meningkatkan literasi. Bukan hanya literasi menulis, membaca dan berhitung saja, namun juga literasi secara science dan mathematics.

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono menjelaskan saat ini literasi sudah banyak macamnya seperti literasi science, yakni belajar menguasai ilmu pengetahuan. Serta literasi secara mathematics, yakni literasi berhitung dan logika berfikir yang tepat.

"Selain itu juga ada literasi digital. Bila semua literasi dikuasai dengan baik tentu akan membuat masyarakat lebih mudah mengikuti perkembangan dunia internasional," katanya, Rabu, 22 November 2023.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Terlebih dilihat dari indikator kualitas hidup masih dilihat dari lamanya pendidikan. Sehingga Jatim hanya sedikit sekali kenaikan tingkat literasinya.

"Karena sekolah informal, seperti mengaji dan pondok pesantren belum terhitung sekolah. Padahal di Jatim ini banyak sekali pondok-pondok pesantren," ujarnya.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Dalam momen itu, Adhy juga menyinggung masalah angka melek huruf meski saat ini di Jatim angkanya sudah tembus 93 persen, tetap harus tetap dilakukan peningkatan.

"Terutama bagi masyarakat yang usia 50 tahun keatas. Walaupun mereka sudah sepuh, mereka tetap jadi tanggung jawab kami. Agar bisa membaca dan mengikuti perkembangan jaman," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title