Gunung Panderman Kota Batu Terbakar Usai Tersambar Petir

Penampakan kebakaran di Lereng Gunung Panderman.
Sumber :
  • Ist/Yusak

Batu, VIVAKebakaran hutan dan lahan terjadi di Lereng Gunung Panderman Kota Batu pada pukul 15.30 Wib, Selasa 21 November 2023. Kebakaran diakibatkan sambaran petir yang mengenai pohon di lereng gunung. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Percikan api yang muncul kemudian meluas dan merembet hingga ke puncak Gunung Panderman yang dipenuhi vegetasi pohon cemara dan alang-alang.

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan kebakaran terjadi di petak 227 RPH kawasan Desa Oro-oro Ombo. Petugas memastikan kebakaran akibat adanya sambaran petir.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Api muncul setelah adanya sambaran petir dan akhirnya api merembet hingga puncak Panderman. Sampai saat ini petugas masih melakukan pemadaman," kata Agung. 

Untuk dampak kerusakan BPBD masih melakukan pendataan bersama Perhutani KPH Malang. Medan yang sulit menjadi salah satu kendala dalam pemadaman api.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Api berada di lereng yang cukup curam, pemadaman juga dilakukan secara manual. Itu yang menjadi penghambat memadamkan api," ujar Agung. 

Saat ini upaya yang dilakukan BPBD setempat yaitu mengkaji cepat, membuat sekat bakar, dan koordinasi dengan pihak terkait. 

Halaman Selanjutnya
img_title