Pemprov Jatim Gelar Apel Siaga Darurat Bencana Musim Penghujan, Ini Pesan Khofifah

Simulasi bencana yang dilakukan oleh petugas gabungan.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemprov Jatim menggelar apel siaga darurat bencana menghadapi musim penghujan 2023-2024 di Taman Rekreasi Selecta, Selasa 7 November 2023.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Dalam apel, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berpesan agar Kota Batu khususnya waspada pada setiap titik-titik sungai. Terlebih pada bulan November curah hujan terus meninggi. 

"Semua pihak wajib waspada terhadap potensi kebencanaan seperti di Kota Batu ini yang rawan akan longsor dan banjir. Baik BPBD dan stakeholder terkait harus segera melakukan mitigasi terhadap area resiko bencana," katanya.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Lebih lanjut, apel yang dilaksanakan bertujuan untuk menguatkan kerja sama, kesiapsiagaan, dan koordinasi antara pemkab, TNI/Polri, relawan, dan masyarakat dalam berbagai potensi bencana.

"Sehingga sinergitas dari semua stakeholder bisa bergerak secara masif dalam mendukung dan menggerakkan seluruh sumber daya, serta kemampuan dalam pencegahan bencana termasuk penanganan darurat bencana dengan cepat, tepat, dan terpadu sesuai prosedur," tuturnya.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Orang nomor satu di Jatim ini menambahkan, apel bertujuan untuk mengukur kesiapan personel, termasuk sarana dan prasarana (sarpras) ketika terjadi bencana maka bisa tertangani dengan cepat dan tepat.

"Termasuk pengecekan sarpras agar peralatan dan sarpras yang dimiliki dalam kondisi baik. Termasuk siap dipakai mendukung setiap upaya penanganan bencana. Mari memiliki kepedulian dan tanggung jawab bersama," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title