Antisipasi Cuaca Buruk saat Nataru, PT DLU Gelar Rakor Demi Jamin Keselamatan Penumpang

Rakor yang digelar oleh PT Dharma Lautan Utama Holding (DLU).
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Langkah taktis untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan perlu segera disusun demi keselamatan pengguna transportasi laut. Terlebih perubahan cuaca ekstrem kerap terjadi di akhir tahun.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran di Indonesia, PT Dharma Lautan Utama Holding (DLU). Mereka menggelar rakor kesiapan angkutan laut jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Hotel El-Kartika Batu, Jumat, 27 Oktober 2023.

Beberapa poin penting dibahas saat rakor, selain kesiapan transportasi laut jelang Nataru 2024 dan cuaca buruk yang menghantui serta pembahasan terkait lonjakan penumpang yang selalu meningkat signifikan hingga 5 persen.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Dirut PT DLU, Erwin H Poedjono mengatakan tujuan rakor yaitu demi pelayanan dan keselamatan penumpang. Untuk itu PT DLU pun menyiapkan armada, SDM dan lain-lain dengan matang. 

"Persiapan yang dilakukan antara lain dengan menyiapkan SDM lewat program pelatihan untuk meningkatkan kewaspadaan, melakukan mitigasi sekaligus bagaimana mengatasi situasi darurat ketika terjadi," kata Erwin. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

PT DLU juga terus menjalin koordinasi dengan semua stakeholder seperti Kementerian Perhubungan, BMKG, Pelindo, Syahbandar, Galangan Kapal, pelabuhan hingga Basarnas dan stakeholder lain berkaitan dengan transportasi dan keselamatan penumpang.

"Nah dari hasil koordinasi dengan BMKG memang mulai terjadi perubahan cuaca. Jika nanti pada akhir tahun kondisi cuaca tetap buruk, maka bukan tidak mungkin armada mereka juga tidak akan beroperasi. Namun kita akan pantau terus sehingga kita bisa merumuskan antisipasi pencegahan. Sebab itu juga rakor kesiapan ini kita lakukan sejak dini,'' tutur Erwin. 

Halaman Selanjutnya
img_title