Angin Kencang Landa Kota Batu, 1 Rumah dan 1 Warung Dilaporkan Tertimpa Pohon

Pohon tumbang menimpa rumah dan warung di Desa Sumber Brantas.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Dilanda angin kencang, dua pohon tumbang dan menimpa rumah serta warung warga di wilayah Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Selasa 17 Oktober 2023. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu menjelaskan bukan hanya angin kencang, debu juga berterbangan dan menganggu pandangan mata. Meski begitu dilaporkan tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian pohon tumbang tersebut.

"Hanya saja untuk atap rumah dan warung mengalami kerusakan. Selain disebabkan angin kencang, pohon tumbang karena akar sudah lapuk," katanya.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Menurutnya, fenomena angin kencang terjadi setiap tahunnya ketika musim kemarau. Namun, untuk kondisi anging kencang saat ini tidak terjadi setiap hari. Pihaknya juga belum menerima adanya dampak atau kerusakan lain akibat adanya angin kencang. 

"Tidak setiap hari, kemarin termasuk aman, sekarang angin kencang lagi enggak setiap hari, jadi memang tergantung cuacanya, enggak terus-terusan kondisinya," tuturnya. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Soal debu yang berterbangan, berasal dari tanah pertanian kentang yang terbawa angin. Sebab, kondisi pertanian yang ada masih belum memasuki masa tanam. Meski begitu, debu yang berterbangan tidak sampai ke pusat Kota Batu. 

"Disana kan kalau musim kemarau istilahnya pengolahan tanah, jadi tanahnya belum ditanami, akhirnya tanahnya kebawa angin, pertanian kentang, tanahnya masih terbuka, disana musim kemarau ya tanahnya kebawa angin," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title