Api Sudah Mulai Tertangani, DLH Jombang Ungkap Penyebab Terjadinya Kebakaran

Api yang tampak mulai padam.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAKebakaran yang melanda tempat pembuangan akhir (TPA) Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai tertangani.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Bahkan, penyebab terjadinya kebakaran sampah di luasan lahan TPA sekitar 300 meter persegi itu, sudah diketahui oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang.

Menurut penjelasan Kepala DLH Kabupaten Jombang, Miftakhul Ulum, api diduga berasal dari semak yang ada di sekitar tumpukan sampah, pada sore hari.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Telah terjadi kebakaran pada lahan semak atau rumput yang berbatasan antara lahan TPA Jombang dengan lahan persawahan milik warga. Kejadian diketahui terjadi sore di pukul 16.00 WIB," kata Ulum, Rabu 11 Oktober 2023.

Untuk mengantisipasi agar api tidak sampai merembet ke tumpukan sampah di TPA, Ulum menyebut berbagai langkah upaya pencegahan telah dilakukan, termasuk upaya pembasahan.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Dinas LH segera mengerahkan 4 tangki air milik Dinas LH dan meminta bantuan 2 tangki air PMK BPBD Jombang untuk membantu penanganan," ujarnya.

Ia pun menegaskan, bila peristiwa kebakaran itu, tidak sampai menyebar ke area landfill sampah maupun sarana prasarana TPA lain, karena segera dapat tertangani. 

Halaman Selanjutnya
img_title