Rawan Kecelakaan, Perahu Rakit Pengangkut Siswa Di Kota Malang Bakal Dihentikan

Perahu rakit jadi andalan warga saat jembatan di renovasi.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Ramainya pelajar dan warga memanfaatkan rakit sebagai sarana menyeberangi Sungai Brantas di wilayah Kelurahan Mergosono dan Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Langsung direspon kecamatan dengan berkirim surat ke masing-masing kelurahan. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Dalam dokumen surat yang beredar. Camat Kedungkandang, Fahmi Fauzan meminta Lurah Mergosono dan Bumiayu memperhatikan sarana rakit penyeberangan yang menghubungkan dua kelurahan karena berbahaya. 

Dalam poin surat lainnya menyatakan, warga diminta menggunakan jalur darat atau mencari jalan alternatif lain. Kemudian penggunaan jaket pelampung adalah untuk langkah meminimalisir resiko bukan sebagai legalisasi penyeberangan rakit. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Poin selanjutnya, jaket pelampung akan ditarik kembali oleh BPBD Kota Malang untuk kegiatan mitigasi di tempat lain. Dan poin terakhir meminta lurah di Mergosono dan Bumiayu mengedukasi masyarakat sekitar.

"Perlu disampaikan bahwa kegiatan warga yang menyediakan alat pengangkutan penyebrangan sungai berupa Getek Bambu (Rakit) sangat beresiko terhadap keamanan dan keselamatan warga. Pengangkutan penyebrangan itu sangat tidak disarankan," kata Fahmi Fauzan, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno menyebut penggunaan rakit sangat beresiko kecelakaan air. Apalagi arus sungai Brantas cukup deras bila musim penghujan tiba. Mereka menyebut, penggunaan perahu rakit di Mergosono-Bumiayu ilegal. 

"Risiko kecelakaan air. Selain sungainya, tebing untuk akses turun juga curam. Kami beri rompi karena mitigasi. Nah ini segera ada proses penghentian, kami akan koordinasi secepatnya," ujar Prayitno. 

Halaman Selanjutnya
img_title