Musim Kemarau, Dinas Perkim Jombang Kembangkan Jaringan Distribusi Air di Wonosalam

Bangunan penampungan air bersih yang dibangun pemerintah
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Pada musim kemarau panjang seperti saat ini, beberapa daerah di Kabupaten Jombang akan mengalami masalah krusial untuk pemenuhan kebutuhan air bersih.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Seperti salah satunya di daerah Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur. Tepatnya di Desa Wonosalam. Untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan air bersih. 

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah kabupaten Jombang melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), telah mengembangkan jaringan distribusi air. Tak hanya itu, Dinas Perkim juga membuat sambungan ke rumah-rumah warga.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Agung Hariadi mengatakan, salah satu permasalahan yang ada saat ini dan sangat krusial adalah kebutuhan air bersih pada wilayah-wilayah tertentu, yang rawan air ketika musim kemarau tiba.

"Sebagaimana kita ketahui kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar minimum yang harus disediakan oleh pemerintah," kata Agung, Senin 2 Oktober 2023.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Lebih lanjut Agung menjelaskan, di wilayah Kabupaten Jombang terdapat banyak lokasi yang merupakan kategori wilayah rawan air bersih, salah satunya Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam.

"Dalam menyikapi permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman, Jombang melakukan Kegiatan Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah Desa Wonosalam," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title