Cari Alternatif, Jembatan Pelor Kota Malang Ditutup 1 Pekan Selama Perbaikan

Perbaikan Jembatan Pelor Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVAJembatan Pelor Kota Malang sedang dalam perbaikan. Papan peringatan ini terpasang di sudut jalan menuju jembatan yang terletak diantara Kelurahan Samaan dan Kelurahan Oro-oro Dowo, Kota Malang. 

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Penutupan jembatan ini dilakukan menyusul munculnya sejumlah retakan di bangunan jembatan. Para pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-PKP) Kota Malang mulai melakukan perbaikan sejak Kamis, 28 September 2023 malam. 

"Hasil survei yang kami lakukan memang ada besi pijakan jembatan sisi selatan atau sisi Oro Oro Dowo atau sambungan antara bentangan dengan abutmen itu ada yang putus," kata Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Dandung menuturkan bahwa proses perbaikan kemungkinan membutuhkan waktu 7 hari. Itu artinya jembatan akan ditutup untuk perbaikan selama 1 pekan. Pengendara motor yang biasa melintas diminta untuk mencari jalur alternatif lain. 

"Kami tambah plat di yang putus itu. Kemudian akan kami lakukan pengecoran lagi di sana. Itu butuh waktu kira kira 2 sampai 3 hari. Penutupannya diperkirakan antara 5 sampai 7 hari biar cornya matang dulu agar bisa dilewati lagi," ujar Dandung.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Lamanya pengerjaan karena perbaikan konstruksi jembatan dilakukan dengan membongkar lokasi retakan dan diberi tambahan plat pada bagian yang putus. 

Tidak hanya sekedar memperbaiki. Dinas PUPRPKP Kota Malang juga akan menganalisis penyebab retakan konstruksi Jembatan Pelor. Mereka ingin mengetahui penyebab munculnya retakan disebabkan beban kendaraan yang melintas atau faktor lain.

Halaman Selanjutnya
img_title