Jangan Melintas, Malam Ini Jembatan Pelor Kota Malang Ditutup Sementara

Jembatan Pelor Kota Malang Ditutup
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVAJembatan Pelor yang menghubungkan kelurahan Oro-oro Dowo dan Samaan untuk sementara waktu ditutup bagi pengendara roda dua maupun pejalan kaki. Penutupan dilakukan sejak Kamis, 28 September 2023 malam. 

Operasi Keselamatan Semeru 2024 Dimulai 4 Maret, Ini Target Sasaran Satlantas Polresta Malang Kota

"Ditutup untuk sementara karena ada perbaikan jembatan. Disitu kan banyak yang bolong nah itu diperbaiki," kata salah satu warga yang ada di lokasi. 

Di jembatan ini sebelumnya ramai dikeluhkan warga karena ada keretakan dinding pembatas jembatan yang menjalar hingga ke aspal jalan. Keretakan terjadi dengan ketinggian 60 sentimeter dan lebar 20 sentimeter. Sementara tinggi jembatan jika diukur dari sungai sekitar 25 meter lebih. 

Cari Bakat Siswa, SMK Sri Wedari Malang Gelar Turnamen e-Sport Mobile Legend

"Setelah diasesmen, diketahui bahwa tembok pembatas jembatan mengalami keretakan. Kemudian, pondasi pertemuan rangka baja dengan beton mengalami keretakan selebar 200 sentimeter. Dan yang ketiga, besi cor pada ujung pondasi sudah terlihat akibat kerusakan pada struktur fisik bangunan, dengan lebar 20 sentimeter dan tinggi 30 sentimeter," kata Lurah Samaan, Anang Setiawan. 

Tampak kawasan di Jembatan Pelor Kota Malang yang biasanya ramai lalu lalang kendaraan kini sangat sepi. Beberapa warga pun melakukan aktivitas di luar rumah dengan tenang tanpa takut ramai kendaraan yang melintas. 

Dinas PUPR Jombang Anggarkan Rp4,7 Miliar Untuk Perbaiki Ruas Jalan Cukir-Mojowarno

Sementara pihak kelurahan sudah melaporkan hal ini kepada Kecamatan Klojen. Disisi lain, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-PKP) Kota Malang mulai melakukan perbaikan jembatan disisi RT 4 RW 6 Kelurahan Oro-Oro Dowo. 

"Kami sudah melaporkan hal ini ke pihak Kecamatan Klojen. Untuk langkah-langkah berikutnya, kami harapkan teman-teman DPUPR-PKP Kota Malang untuk dapat memastikan langsung ke titik lokasi," ujar Anang.